Tips Menentukan Lokasi Usaha Fried Chicken

Lokasi nyatanya memang menjadi bagian penting dari bisnis Fried Chicken. Lokasi yang salah akan berakibat fatal, alias matinya bisnis!  Sedangkan lokasi yang tepat akan membuat modal cepat kembali…bahkan dalam waktu yang sangat singkat!
Nah, inilah dia beberapa kriteria’ yang membuat sebuah lokasi itu feasible untuk bisnis Fried Chicken:
1.  Setidaknya ada 800 rumah/KK yang tinggal di daerah sekitar lokasi
2.  Pilih jalan kelas III (jalan dengan lebar cukup untuk bersimpangan 2 mobil, dan lebih banyak motor yang lewat dengan kecepatan 5-20 km/jam)
3.  Pilih lokasi di ujung kemacetan, jangan terlalu dekat dengan pusat macet karena akan menyulitkan pembeli/membuat malas pembeli
4. Coba ukur seberapa banyak kendaraan yang lewat per menit. Semakin padat semakin baik. Survey membuktikan bahwa untuk jalan yang dilewati oleh 80 kendaraan / menit akan menghasilkan omzet Rp 2 000 000/hari
5.  Pilih lokasi yang dekat pasar, terminal, sekolah (terutama SD dan TK).
6.  Bila sebelumnya sudah ada outlet Fried Chicken local di situ dan omzetnya bagus, segera dirikan/saingi dia dengan konsep yang lebih baik. Larisnya pesaing terdahulu membuktikan bahwa lokasi tersebut potensial untuk bisnis FC. Ini adalah ilmu memilih lokasi yang juga dilakukan oleh Bank, serta mini market. Perhatikan saja, bila di suatu lokasi ada Indomaret, maka tak lama kemudian akan dibuka juga Alfamart.  
7.  Perhatikan, bila di suatu daerah sudah ada Indomaret/Alfamart maka berarti daerah tersebut cukup feasible untuk bisnis retail, termasuk Fried Chicken…jadi, segera bukalah di dekatnya!
8.  Pilih lokasi pojok atau tusuk sate, supaya outlet terlihat dari banyak arah/dari kejauhan
9. Pilih lokasi dekat perumahan keluarga muda (yang memiliki anak usia TK s/d SD)
Bila memiliki lokasi yang kurang  bagus,  harus  memiliki jurus-jurus  promosi yang jitu untuk  mendatangkan  pelanggan.
Lokasi-lokasi yang harus dihindari:
1. Jangan memilih lokasi yang dekat KFC dan atau McD karena akan kalah pamor dan pelanggan lari ke mereka
2. Perumahan elit
3. Perkantoran elit
4. Perumahan  tua/lama   di   mana  penghuninya kebanyakan sudah setengah baya
sumber : ebook Kumpulan Kiat, Tips, Jurus Rahasia Sukses Bisnis Fried Chicken